banner 728x250

Test Kawasaki Ninja 250 RR Mono, Gesit dan Bertenaga

  • Bagikan
banner 468x60

Melanjutkan prosesi launching Kawasaki Ninja 250 RR Mono, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengajak rekan jurnalis untuk merasakan langsung performanya di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (15/2). Disediakan 5 unit dengan 2 unit varian ABS dan 3 unit non ABS.

Kesan pertama duduk dibelakng stang clip-on ‘simono’, ergonomisnya seperti mengendalikan Ninja 150RR. Bedanya, desain lekuk tangki bahan bakar yang lebih mirip dengan ER6n memberikan tempat yang ideal untuk kaki.
Dipandu pembalap kelas dunia Katsuaki Fujiwara, pembalap tim Kawasaki di Asia Road Racing Championship, Autorev mengikuti 3 sesi pemanasan dan mengikuti racing line meniru Fujiwara. Total merasakan performa produk terbaru PT KMI dengan melahap total 11 putaran.

banner 336x280

Dibalik desain yang kompak dan singset motor terasa ringan dan nurut ketika diajak bermain sirkus di Sentul. Meskipun hanya dibekali mesin 4 tak satu 250 cc satu silinder, mampu menyokong power yang terasa sejak putaran bawah hingga atas. Sayangnya, limiter yang dibatasi hingga 10.500 rpm, terasa nafas ‘pendekar Jepang’ ini terasa pendek diajak ‘nyentul’.
Memaksakan oper gigi diatas 10.000 rpm malah tenaganya kurang greget. Berbeda ketika bisa melakukan pola pengoperan gigi mendekati angka 10.00rpm. Power dan nafas mesin saling mengisi. Alhasil di jalur lurus bisa mencicipi keceptan 151 Kpj. Lumayan, wong testernya bukan pembalap.

Perpaduan sasis model teralis dengan suspensi belakang monoshock Bootom Uni-track dengan 5 tingkat penyetelan, turut berkontribusi mengakomodir keinginan rider bermain diaspal Sentul. Tidak ada gejala oleng meskipun grip gas dipelintir sampai poll ketika baru keluar dari tikungan. Sayang kompon ban kurang bersahabat ketika diajak rebah meniru gaya Yudhistira.

Dibalik desain yang serba ‘minimalis’ Ninja 250 RR Mono memiliki handling yang mudah meskipun bagi pengendara pemula motor sport dengan karakter mesin ‘lembut’ tapi power tetap terjaga disetiap putaran mesin.
Pilihan cerdas bagi Kawasaki untuk memposisikan Ninja 250 RR Mono sebagai penerus kejayaan dari Ninja 150 RR. Tertarik? Siapkan dana sekitar 40 juta rupiah yang bisa dipinang akhir maret 2014.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan