Test Singkat New Honda Blade 125 FI

  • Bagikan

Setelah mencicipi Varoi FI 110 sekarang saatnya menjajal New Honda Blade 125 FI. Dari sisi rancang bangun, sekilas tampilan tidak jauh beda dengan Blade sebelumnya. Hanya beberapa bagian yang mendapat sentuhan untu meningkatkan cita rasa uara balap.

Perubahan paling mencolok adalah penggantian mesin. Dari kubikasi 110cc menjadi 125 cc. Meskipun unit dapur pacu yang dicangkokan berasal dari varian Honda Supra 125.

Mencicpi ‘rasanya’ motor yang menampilan Marquez sebagai ikon-nya di lapangan uji coba memang suntikan tenaga Sura X 125 terasa ketika grip gas mulai dipelintir. Dengan dimensi yang mirip dengan saudaranya, Blade baru ini terasa lebih bertenaga dibanding versi sebelumnya.

Motor yang nantinya akan turut berlaga di arena balap Indoprix ketika dijajal melintasi arena ujicoba terasa lebih ‘cetar ‘dibanding versi karburator. Putaran gas disambut responsif oleh mesin sehingga akselerasi untuk mengail tenga mudah didapatkan.Tenaganya juga terasa mengisi di berbagai putaran.

Sedikit sentuhan dibagian sasis cukup mendukung handling si Blade. Meliuk diantara cone merah untuk simulasi zig-zag menjadi lebih percaya diri.

Sayang lintasan dibeberapa tikungan diwarnai hamparan pasir, sedikit miring roda belakang menunjukkan gejala ogah megang aspal. Begitu juga trek lurus yang pendek, untuk menikmati akselerasi menjadi kurang greget.
Rasanya perlu waktu lebih lama berkencan untuk mengorek kemampuan mesin baru Blade.

  • Bagikan