Test Singkat Honda New MegaPro FI

  • Bagikan

Penasaran dengan performa Honda New Mega Pro FI (NPW FI) dengan tampilan barunya yang menggoda Autorev menerima ajakan kencan sesaat. Dandanan baju NMP FI memang terlihat lebih menggoda dibandingkan versi karbu. Paling menarik adalah shroud. Futuristik dan simple. Mendongkrak kesan sporty. Aliran udara dibalik kisi-kisi shroud bisa bikin adem bagian kaki rider. Sayang sentuhan pada tangki kurang greget dengan mempertahankan model tutup tangki model lawas.

Mengitari kawasan Parkir Timur Senayan beberapa putaran menyimpulkan ada perubahan pada tarikan awal. Pelintiran grip gas cepat direspon oleh dapur pengolah tenaga. Sayang pembatasan limiter pada CDI musti rajin menuruti keinginan putaran mesin. Paling terasa pada gigi satu dan dua. Berbeda pada kondisi gigi tiga sampai dengan lima, nafas terasa panjang.

Desain jok baru terasa masih terasa pas mengakomodir biker meskipun dengan postur 165 cm bisa duduk rileks menggapai stang. Handlingpun terasa mudah meskipun bodi NMP FI terkesan bongsor. Fitur pada stang sebelah kiri, ada perubahan pada kluster saklar lampu dekat, jauh dan lampu dim menyatu. Sedangkan disebelah kanan terasa hambar karena tidak adanya switch engeine off.

Desain speedometer masih terlihat sama dengan model lawas, meskipun sudah memadukan model analog dan digital. Hanya mendapat sentuhan indikator pemantau kinerja mesin jika bermasalah (MIL/ Malfuction Indicator Lamp).
Suara mesin terdengar lebih halus dari generasi sebelumnya, apalagi dengan perubahan desain knalpot yang juga terdengar lebih ’ngebass dan bulat’. Sedangkan shock bekang bisa disetting sesuai keinginan pegendara untuk menyesuaikan medan yang dilintasi. Rem cakram pada kedua roda menjadikan pengreman terasa lebih pakem.

Menikmati kenyamanan handling, rasanya NMP FI masih nyaman diajak mengikuti irama kemacetan Jakarta. Jadi ingin kencan lebih lama.

  • Bagikan